Senin, 24 Agustus 2009

tips &trik kuliah menyenangkan

Ada yang bilang kuliah terkadang membosankan, entah itu karena faktor dosennya yang killer, atau mata kuliahnya membosankan, ataupun sarananya yang nggak memadai. Namun kalau dinikmati, masa-masa kuliah adalah masa-masa yang paling menyenangkan (meski kalah menyenangkannya dibanding SMA [^_^] ).
Asyiknya kuliah tuh…kita bebas milih:
Milih lulus lama atau lulus cepat, milih jadi aktivis kampus atau tidak, dsb. Sebagai seseorang yang pernah merasakan kelar kuliah dengan cepat alias sebelum 4 tahun (di suatu tempat..nun jauh di sana) dan seorang mahasiswa yang kemungkinan kelar kuliah dalam waktu yang cukup lambat di sini (hehe..maklum masih cinta kampus), sedikit sharing ttg dunia perkuliahan ke adik-adik mahasiswa yang baru masuk ke PT.

Kuliah tuh akan asyik kalau…:
1. Ada semangat kuliah..(sebelum mulai kelas, udah baca-baca dikit ttg topik yang mau dibahas, mencari referensi di-internet, dsb)
2. Pas di kelas jangan malu2 bertanya.. ’speak your mind’, justru dengan sharing pertanyaan n ide di kelas, dosen jadi tahu bagian mana yang kurang dimengerti mahasiswa, begitupun teman-teman sekelas jadi mendapat pengalaman baru.
3. Mencatat yang penting-penting aja.. akan lebih baik kalo buat peta pikiran
kalau mau download aplikasi peta pikiran gratis klik di sini. Pilih yang windows, kalau kamu pake windows…
4. Ngobrol/kenalan ama dosennya (bukan tujuan nyari nilai lho) tapi biar tahu gimana nantinya komunikasi ama tuh dosen kalau kita nggak ngerti/mau tanya.. (Dosen yang dicap killer, bisa jadi asyik tuk diskusi lho..jika kita tahu cara berkomunikasi dengannya)
5. Buat tim belajar kelompok..sebab belajar kelompok akan lebih asyik..ketimbang sendiri (bisa saling menyemangati kalau salah satu dari kita lagi down)
6. Ikutan organisasi/UKM di kampus…–> untuk mengasah minat/bakat, menambah pergaulan, mewujudkan sisi idealismu (selama masih jadi mahasiswa, buatlah karya n acara yang bermanfaat sebanyak-banyaknya..tapi jangan muncul prinsip kuliah no 2, organisasi kampus no 1 hehehe)
7. Kalau nggak suka jadi aktivis kampus, yah magang aja di perusahaan2 yang terkait dengan mimpimu..(tapi jangan malah keteteran kuliahnya yah…)
8. Oh ya.. kalau kamu aktivis kampus, sebisa mungkin tugas kuliah menggunakan kasus/contoh yang terkait dengan organisasi/peran kamu di UKM/organisasi kampus..tujuannya supaya nggak repotin diri sendiri…
9. Apalagi yah?…ada yang mau nambahin?kalau mau nambahin..reply n share aja..
———-eitss..sebelum lupa.. diriku mau mengingatkan..akan lebih baik jika tugas-tugas kalian..di-postingin di-blog kalian masing-masing..tujuannya..selain supaya orang lain dapat pengetahuan, arsip kita juga terjaga (jikalau komputer kita tiba-tiba ngadat..)
–yuup sekian dahulu..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar